Home  |   Berita  |   Hikmah  |   Konsultasi  |   Suara Anda  |   Kajian  |   Kisah Muallaf  |   Kegiatan  |   Info  |   Galeri  |   Proposal
kegiatan
21/09/2012 11:08:23

Indahnya Silaturahmi di Bulan Ramadhan BUKA PUASA BERSAMA BAPAK FRED DAN KELUARGA

Berbuka puasa bersama merupakan sebuah sarana dalam menjalin silaturahmi. Silaturahmi bermakna sebagai penyambung kasih sayang sehingga silaturahmi dapat mendekatkan tidak hanya antara orang kaya dengan orang yang tidak mampu, tetapi juga antara mereka yang muallaf dengan orang yang sejak lahir beragama Islam. Inilah yang dilakukan oleh bapak Fred -seorang muallaf Amerika yang kini giat beribadah- beserta keluarga. Mereka berkunjung dan berbuka puasa bersama di Pondok Pesantren Pembinaan Muallaf-An Naba' Center yang beralamat di jalan Cenderawasih IV, RT 02/RW 03 Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan.

Bapak Fred beserta keluarga sangat senang dapat bersilaturahmi dengan para santri. Beliau teringat sebuah ayat dalam Al-Quran:

ูˆูŽุงุชูŽู‘ู‚ู?ูˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐู?ูŠ ุชูŽุณูŽุงุกูŽู„ู?ูˆู†ูŽ ุจู?ู‡ู? ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุญูŽุงู…ูŽ ุฅู?ู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู?ู…ู’ ุฑูŽู‚ู?ูŠุจู‹ุง (1............

"..........dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (Q.S. An Nisa [04]: 01)

Beliau menambahkan silaturahmi ini sudah terjalin sejak lama, bahkan sebelum pondok pesantren ini dibangun. Oleh sebab itu, silaturahmi ini akan tetap dijaga agar kedekatan antara keluarga besar bapak Fred dengan sesama umat Muslim, khususnya yang berada di Pondok Pesantren An Naba Center, dapat terus terpelihara dengan baik.

Silaturahmi tersebut disambut baik oleh pimpinan pesantren Ustadz Drs. H. Syamsul Arifin Nababan dan warga penghuni pondok pesantren pembinaan muallaf. Beliau berpesan kepada para santri agar membina hubungan baik dengan siapa pun tidak hanya dengan umat Islam tetapi juga dengan masyarakat non muslim. Ini disebabkan bahwa Islam adalah agama yang menjadi rahmat bagi sekalian alam (rahmatan lil alamin) dan mengajarkan kepada setiap penganutnya agar memelihara silaturahmi karena silaturahmi tidak hanya membawa kita kepada kebahagiaan di dunia tetapi juga kebahagiaan di akhirat.  Tidak hanya itu, beliau juga menyebutkan sabda Rasulullah saw. yang artinya:

"Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezkinya, dan ingin dipanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung silaturrahmi." (HR. Bukhari)

Silaturahmi sangat penting mengingat manusia tidak hanya berhubungan dengan Tuhannya, melainkan juga dengan sesama manusia. Inilah yang disebut dengan habluminallah (berhubungan baik dengan Allah) dan habluminannas (berbuat baik dengan manusia). Semoga Allah swt. memberikan kemudahan bagi kita semua dengan mengedepankan silaturami. (Ozi S.)


Kajian
» PENGARUH AKIDAH DALAM KEHIDUPAN
» Menyoal Otentisitas Alkitab
» Nubuat Nabi Muhammad SAW dalam Alkitab
» Urgensi Mempelajari Kristologi
» Toleransi Antar-Umat Beragama dalam Pandangan Islam
hikmah
» MENUJU HAJI MABRUR II
» MENUJU HAJI MABRUR I
» MENGUPAYAKAN KEBAJIKAN